Powell Buka Peluang Cut Rate, Tapi Emas Tetap Tunggu Inflasi!

Published on 07/10/2024

Emas bergerak stabil pasca koreksi tajam yang terjadi di hari Senin. Penurunan mulai tertahan di level terendah 2349.23, sementara kenaikan pun masih tertahan di 2371.24. Secara umum Powell tidak memberi cukup berita baik yang diharapkan pasar, dan pasar akan fokus ke data ekonomi.

Gold (Emas)

Penggerak Pasar

Pernyataan Powell adalah yang ditunggu-tunggu. Ketua Fed Jerome Powell memberi testimoni di hadapan Komite Perbankan Senat AS di Capitol Hill, dan akan lanjut di hari kedua di depan anggota parlemen AS malam nanti. 

Dalam testimoninya secara eksplisit Powell mengatakan dia tidak akan berbicara tentang jadwal perubahan suku bunga, meskipun dia memberi isyarat bahwa kemungkinan besar akan terjadi penurunan suku bunga. Powell mengatakan pasar tenaga kerja sudah mendingin, tapi tetap kuat. Tapi Powell berpendapat bahwa pasar tenaga kerja bukan kontributor yang besar terhadap inflasi.

Dalam keterangan tersebut, para Analis melihat Powell tetap membiarkan peluang pemangkasan suku bunga di bulan September  tetap terbuka, juga potensi untuk dua kali pemangkasan yang masih menjadi peluang yang difavoritkan (market pricing 75% pemangkasan Desember). 

Emas relatif bergerak bolak balik dengan tertinggi sentuh 2371, kemudian berbalik turun hingga 2349 selama pernyataan tersebut, meski akhirnya berhasil rebound ke 2363 saat penutupan. Sementara dolar dan imbal hasil Treasury cenderung menguat tipis.

Powell Less- Dovish, tapi Tidak Hawkish

Pasar tampaknya tidak se-antusias seperti saat merespon pernyataan Powell di ECB forum minggu lalu. Jika diteliti dengan seksama, tidak ada pernyataan Powell sedikitpun menyinggung waktu yang pasti untuk pemangkasan suku bunga, sehingga bisa disimpulkan kurang dovish. Sementara pasar menginginkan sinyal kepastian dari Powell. 

Di sisi lain, Powell tetap mengakui kemajuan pada inflasi dan juga tenaga kerja, dan berharap lebih banyak data positif (inflasi turun, pasar tenaga kerja melonggar) ke depan sebelum Fed mendapat keyakinan untuk merubah kebijakan suku bunga. Hal ini juga menandakan Powell tidak pada kondisi hawkish. 

Fed tetap berkomitmen untuk mencapai target inflasi 2% dan mempertahankan ekspektasi inflasi jangka panjang yang tertambat dengan baik. Keputusan penyesuaian suku bunga akan dibuat hati-hati dan mempertimbangkan data yang masuk dan keseimbangan risiko. Fed akan mengambil keputusan berdasarkan “meeting by meeting”, dan tidak merencanakan pemangkasan suku bunga sampai mendapat keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi akan terus berlanjut kearah 2%. 

Sementara inflasi menurut Powell masih berada di atas target 2%. Tapi Powell mengakui adanya kemajuan yang cukup besar menuju target di mana data baru-baru ini menunjukkan kemajuan yang moderat.

Tetap Tunggu Inflasi

Dengan pernyataan tersebut berarti Powell mengindikasikan bahwa data inflasi minggu ini kemungkinan bisa menjadi tambahan petunjuk bagi Fed untuk mempertimbangkan kebijakan suku bunganya di pertemuan FOMC 30-31 Juli 2024. 

Powell beri isyarat adanya pemangkasan suku bunga, tapi kunci utama berada pada inflasi yang diharapkan menunjukkan kelanjutan penurunan menuju target 2%.

Fokus hari ini

Powell kembali menjadi agenda utama pasar hari ini di mana dia akan memberi testimoni di hadapan Parlemen AS. Biasanya hari kedua cenderung tidak terlalu berpengaruh dan bahkan pernyataan cenderung sama dengan hari 1. Tapi pasar tetap perlu waspada dengan potensi kejutan yang bisa saja disampaikan Powell secara tidak terduga malam nanti. 

Jika pernyataan cenderung dovish atau less hawkish, maka emas berpeluang untuk kembali bangkit sehingga penurunan kemungkinan relatif terbatas. Sebaliknya, jika Powell cenderung hawkish, maka emas berpeluang lanjutkan koreksi turun di hari kedua minggu ini, sebelum pasar beralih fokus pada data inflasi hari Kamis. 

Meski demikian, inflasi tetap akan menjadi kunci utama yang dirilis besok malam!

Note : Tetap waspada dengan volatilitas besar pada market yang sewaktu-waktu bisa tiba-tiba berubah! 

Analisis Teknikal Gold

Candlestick ditutup spinning tops dengan real body putih kecil dengan tail atas dan bawah yang sama panjang. Secara teori menandakan bahwa peluang bullish maupun bearish cenderung imbang. Tren selanjutnya akan ditentukan dari penutupan hari ini. Ekspektasi kami adalah penurunan masih bisa terjadi karena pernyataan Powell yang tidak terlalu dovish, dan juga kemungkinan pasar masih menahan diri jelang data CPI besok malam.

Secara teknis, resistance 2375-2377 dalam waktu dekat akan menjadi area yang harus dicermati. Selama tidak ditembus, maka potensi penurunan diperkirakan tetap membayangi. Di sisi lain, resistance psikologis tetap di 2385-2387 sebelum akhirnya berhadapan kembali dengan resistance 2396-2400. Sementara support psikologis tetap di kisaran 2336-2340 yang terdekat, dan 2318-2320 yang terjauh. Meski memperkirakan penurunan, tapi tidak diharapkan turun di bawah support psikologis.

Di H4, kami masih mendeteksi kemungkinan terbentuknya pola Head & Shoulders karena kenaikan diperkirakan masih berpotensi tertahan di bawah zona 2375. Jika perkiraan kami benar, maka seharusnya kenaikan ini adalah bagian dari Right Shoulders, sehingga potensi penurunan akan ditentukan dari berhasil tidaknya zona support 2355 yang dicurigai sebagai neckline ditembus. 

Dalam beberapa kasus, tail yang sempat terjadi di 2349 dan 2350 bisa diperhitungkan sebagai support sehingga neckline bisa saja diperhitungkan sejak penembusan 2350. Target optimal diperkirakan di zona 2318-2320 sehingga trader harus waspada jika penurunan sudah mendekati zona tersebut. 

Di sisi lain, 2336-2340 yang sebelumnya menjadi resistance psikologis yang cukup kuat, kini juga berperan sebagai support psikologis sehingga jika penurunan sudah mendekati area ini, trader juga harus mewaspadai potensi rebound karena diperkirakan demand berpotensi muncul di zona tersebut, terutama jika didukung oleh pernyataan Powell yang dovish. Bisa pertimbangkan switch to BUY jika support tidak ditembus.

Sebaliknya, uptren akan cukup kuat jika harga mampu tembus level resistance 2385-2387, meskipun ada area FR 23.6% di 2375 yang juga akan berpotensi menggagalkan pola head & shoulders tersebut. Artinya, jika resistance ditembus, maka pola H&S cenderung gagal. Switch strategi menjadi BUY akan lebih ideal jika resistance 2385-2387 ditembus.

Per jam 10.05 WIB, harga berada di 2368.45, dengan high di 2370.04 dan low 2362.53. FR ditarik dari puncak 2392.79 (FR 100%) sampai bottom 2350.96 (FR 0%). Saat ini harga kembali ke zona kuning yang berada di antara FR 38.2% 2366.94 dan FR 50% 2371.88. Secara umum selama harga masih tetap di bawah trendline, maka peluang penurunan cenderung tetap dominan. Reversal bullish akan lebih kuat jika harga mampu tembus resistance trendline, atau tembus FR 61.8% 2376.81. 

Peluang H&S juga masih terbuka sehingga konfirmasi dibutuhkan dari penembusan neckline support yang berada di 2350.96, yang juga merupakan FR 0%. Jika konfirm tembus, maka penurunan diharapkan berlanjut. Target maksimal dari pola tersebut diperkirakan berada di 2318-2322. Namun, waspada di zona 2336-2340 bisa saja penurunan tertahan atau bahkan terhenti, lalu kemudian demand berhasil mendorong harga kembali naik. Switch strategi menjadi BUY sebaiknya dilakukan hanya jika konfirm tembus FR 61.8% 2376.81, atau alternatif saat penurunan sudah cukup tajam dan mendekati support psikologis. Atau secara fundamental, jika pernyataan Powell cenderung dovish atau less hawkish!!

Untuk malam hari sebaiknya Anda fokus perhatikan catatan kami di grafik H4! 

Trading Strategy: 
Opsi SELL dekat resistance
Entry: 2369.00 – 2371.00
(atau cek di artikel untuk area alternatif)
Target/Reward :  2357.00 ($12 – $14) 
(bisa follow/pertahankan SELL jika tembus 2350,
Target terdekat 2342, terjauh 2325, SL sesuaikan kebutuhan)
Stop Loss: 2377.00 ($6 – $8)
(ideal 3-5 poin di atas 2375)
Risk Reward: 1: 2 

Opsi BUY jika Support tidak ditembus
atau Jika Powell dovish/less-hawkish!
Entry : 2320.00 – 2322.00
(atau cek di artikel untuk area alternatif)
Target/Reward: 2334.00 ($12 – $13)
Stop Loss: 2314.00 ($6 – $7)
(ideal SL 3-5 poin di bawah 2316)
Risk Reward: 1: 2

Disclosure: Ini hanyalah hasil analisa dan bukan saran finansial. Selalu lakukan riset Anda sendiri sebelum membuka posisi Trade. Semua hasil Trade Anda merupakan tanggung jawab sendiri!